Cara Merawat Jangka Sorong Agar Tidak Rusak

Cara Merawat Jangka Sorong –  Penggunaan Vernier Caliper yang tepat adalah prasyarat utama dan paling penting untuk memastikan kualitas produk.

Untuk menjaga fungsionalitas dan konsistensi caliper vernier, perawatan terjadwal dan perawatan tambahan harus dilakukan secara berkala. Teknik kalibrasi lengkap & prosedur standar vernier caliper dapat dilihat di sini.

Pendekatan langkah demi langkah dibahas untuk memahami tindakan pencegahan yang harus diingat saat memiliki kaliper Vernier. Harus ada ruang yang dialokasikan dengan tepat untuk menjaga agar Kaliper Vernier tetap aman dan mudah diakses.

Jika seseorang menggunakan berbagai Vernier Caliper maka 5S dapat diimplementasikan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Merawat Jangka Sorong

Gambar jangka sorong

Mengutip dari website wikielektronika.com, berikut ini adalah langkah-langkah perawatan yang harus diikuti agar jangka sorong tidak mudah rusak:

Menghilangkan Debu atau Kotoran:

Bersihkan kaliper Vernier & permukaan benda-benda yang dipilih untuk diukur. Vernier caliper harus dirawat dan dibersihkan untuk mencegah kesalahan pengukuran karena debu atau kotoran. Para ahli tidak merekomendasikan penggunaan Kaliper Vernier pada benda-benda yang tercemar atau benda-benda kasar. Ini karena alasan bahwa ia akan membaca pengukuran yang salah yang dapat mengakibatkan kerugian manufaktur.

Jangan Gunakan Vernier Caliper dengan Alat Lain:

Jangan sekali-kali menempatkan Vernier Caliper bersama dengan alat berat lainnya seperti palu, bor, alat pemotong & kikir dll. Alat-alat ini dapat saling bertabrakan dan mengakibatkan kecelakaan.

Juga diinstruksikan untuk tidak memasang jangka sorong pada mesin bubut. Karena ketika mesin bubut dalam kondisi operasi dapat mengakibatkan kecelakaan. Kaliper vernier bisa jatuh dari mesin bubut atau rahangnya bisa pecah, pecah atau terlepas karena getaran mesin bubut.

Gunakan Vernier Caliper Untuk Fungsi Khususnya:

Memanfaatkan instrumen untuk fungsi khususnya yaitu pengukuran. Vernier Caliper tidak boleh digunakan sebagai alternatif instrumen lain. Juga tidak masuk akal untuk menggunakan caliper Vernier sebagai palu, timbangan kaki dll.

Juga konyol untuk menggunakannya secara tidak tepat untuk bersenang-senang & menganggap Vernier Caliper sebagai mainan, misalnya melempar Vernier Caliper. Tindakan tidak bertanggung jawab tersebut akan merusak kinerja Vernier Caliper.

Jauhkan Dari Suhu Yang Tidak Menguntungkan:

Suhu mungkin memiliki efek yang cukup besar pada hasil pengukuran. Objek harus diukur dengan mengingat keadaan bahwa suhu keseluruhan harus sekitar 20 °C (68 °F). Intinya, kisaran suhu harus diasumsikan karena pada suhu yang lebih tinggi, bahan Kaliper Vernier dapat memuai & dapat terjadi perbedaan pembacaan dalam beberapa mikrometer.

Suhu ruangan yang disarankan yaitu sekitar 20 derajat Celcius tetapi objek dan Vernier Caliper harus memiliki suhu yang sama. Jika tidak, hasil pengukuran mungkin tidak tepat karena pemuaian yang berbeda dari bahan benda & alat ukur yang berbeda karena perubahan suhu.

Jangka Sorong mungkin berpengaruh karena perubahan suhu. Vernier Caliper tidak boleh ditempatkan di bawah sinar matahari yang panjang karena pengukuran dapat terpengaruh karena ekspansi termal. Jangan letakkan Vernier Caliper dekat dengan daerah bersuhu tinggi seperti tungku, pemancar panas, dan kompor listrik karena ekspansi termal.

Ketahui Lokasi Anda Saat Melakukan Pengukuran:

Saat melakukan perawatan Vernier Caliper tidak boleh ditempatkan dekat dengan daerah magnet seperti bangku magnet agar terhindar dari magnet.

Jangan Perbaiki Sendiri:

Sambil mengenal berbagai kesalahan pengukuran yang tidak teratur dari Vernier Caliper seperti permukaan yang tidak rata, korosi, bengkokan benda atau tindakan yang tidak berguna. Pegangan Vernier Caliper tidak diperbolehkan untuk diperbaiki sendiri, jangan pernah menggunakan palu atau bahan lain untuk memperbaikinya. Pengguna harus merujuk kesalahan Vernier Caliper ke bengkel standar Bengkel atau Kalibrator untuk menangani dengan benar memperbaiki kesalahan di dalamnya.

Bersihkan Vernier Caliper Setelah Setiap Penggunaan:

Pengguna harus membuatnya bebas kotoran atau polutan lainnya setelah menggunakannya. Vernier caliper terdiri dari stainless steel atau dilapisi logam pelindung harus dilapisi dengan pelumas bebas karat. Tempatkan dalam wadah tertentu dan letakkan di tempat yang kering agar tidak berkarat.

Cara Melindungi Jangka Sorong dari Kerusakan

Perbaikan rutin harus difungsikan agar Vernier Caliper tetap beroperasi. Kaliper Vernier lama harus dikirim ke pusat resmi untuk kalibrasi secara teratur untuk kebenaran dan menguji fungsionalitasnya untuk menghindari masalah kualitas yang berasal dari kesalahan pembacaan yang tidak masuk akal dari kaliper Vernier.

Digital Vernier Caliper hampir tidak pernah mengandung masalah seperti pada Vernier Caliper konvensional. Sejumlah kecil masalah yang mungkin ditemui pengguna disebabkan oleh baterai yang habis atau mungkin karena interaksi baterai yang tidak tepat atau karena alasan berikut:

Digit Permanen:

Ini terjadi karena masalah yang tidak disengaja di sirkuit yang muncul dalam kesalahan tampilan nomor tertentu atau simbol atau tanda yang tidak terkait di layar digital. Keluarkan baterai dan pasang kembali ke kaliper Vernier dalam waktu 30 detik. Setelah beberapa kali mencoba, itu akan berfungsi dengan baik dan kesalahan teratasi.

Baca juga : Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Digit Berkedip:

Berkedip digit dapat terjadi karena daya listrik pendek. Untuk mengatasinya, Anda harus mengeluarkan baterai sedini mungkin. Pasang baterai baru agar Kaliper Vernier berfungsi dengan baik.

Kesalahan Dalam Tampilan Angka:

Hal ini terjadi karena tampilannya yang goyah. Ini terjadi karena stiker pelindung lembab. Untuk mengatasinya, pengguna disarankan untuk mengikuti prosedur yang telah dibahas pada poin sebelumnya.

Tampilan Terbatas Atau Nol:

Tidak ada tegangan listrik yang menyebabkan tampilan Nol ini terjadi. Keluarkan baterai yang terpengaruh dan lihat status penempatan baterai. Jika baterai muncul dalam kontaminan atau dengan kotoran lain, maka disarankan untuk mendekontaminasi sambungan baterai sampai baterai benar-benar sempurna. Pasang kembali baterai ke Vernier Caliper digital. Setelah melakukan ini, itu harus ditampilkan dengan benar.

Perbaikan Biasa:

Teknik memperbaiki hanya dilakukan bila tidak ada cara lain untuk memperbaikinya. Awalnya lepaskan komponen elektronik dan perawatan harus dilakukan dengan mengingat poin di atas. Jika masalah masih berlanjut, hubungi pabrikan atau dukungan teknis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s